Jumat, 03 Agustus 2012

1
Ikan Juga Bisa Kena Kanker Kulit

detail berita
CANBERRA - Para nelayan lokal di perairan Australia, menemukan ikan "rambo" yang menunjukkan adanya bekas luka dalam bagian tubuh mereka. Peneliti mengungkapkan, selain luka, kulit ikan itu pun menghitam, mengindikasikan adanya penyakit kanker kulit pada tubuh hewan tersebut.

Dilansir Newscientist, Kamis (2/8/2012), ikan tersebut diketahui merupakan jenis Trout, yang hidup di Great Barrier Reef, Australia. Ikan tersebut mengundang perhatian para peneliti, termasuk Michael Sweet di Newcastle University, Inggris.

Sweet dan timnya mengesampingkan dugaan bahwa luka dan warna menghitam pada kulit ikan itu adalah penyakit jamur. Tampak seperti bercak melanoma pada manusia, ikan jenis Trout itu sebenarnya mengidap gejala kanker kulit.

Menurut jurnal PLoS One, penyebab yang paling mungkin terkait kanker kulit pada Trout yang hidup di air tawar, adalah disebabkan lubang ozon. Lubang ozon itu mengalami peningkatan radiasi dan dapat menjelaskan tingginya prevalensi penyakit sebesar 15 persen dari sampel ikan.

Wikipedia menerangkan, Trout merupakan spesies ikan yang hidup di air tawar. Kata Trout digunakan sebagai bagian dari nama ikan non-salmonid seperti cynoscion nebulosus.

Trout memiliki kekerabatan dekat dengan ikan salmon dan char. Hewan yang hidup di air dengan suhu 10 - 16 derajat celcius ini menjadi sumber makanan bagi manusia dan satwa liar, termasuk beruang cokelat serta burung pemangsa seperti elang. (fmh)

(sumber: Okezone

1 komentar :

derajad mengatakan...

Terimakasih infonya

Posting Komentar

Berita di BEM STKIP Hamzanwadi Selong

Berita dan Fakta Ilmiah Harian

 
HMPS Pendidikan Biologi STKIP Hamzanwadi Selong | © 2010 by derajad | Supported by duaderajad & Free Themes