Kamis, 01 Desember 2011

0
Evaluasi

1.      Pengertian Evaluasi

Evaluasi dapat di artikan sebagai suatu kegiatan yang  terencanauntuk mengetahui kedaan suatu objek dengan menggunakan instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan suatu tolak ukur untuk memperoleh suatu kesimpulan.
Evaluasi adalah proses mendeskripsikan,mengumpulkan dan menyajikan suatu informasi yang bermanfaat untuk pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Evaluasi pembelajaran merupakan evaluasi dalam bidang pembelajaran. Tujuan evaluasi pembelajaran adalah untuk menghimpun informasi yang di jadikan dasr untuk mengetahui taraf kemajuan,perkembangan dan pencapaian belajar siswa,serta keefektifan pengajaran guru.Evaluasi pembelajaran mencakup kegiatan pengukuran dan penilaian.Bila di tinjau dari tujuannya,evaluasi pembelajaran dapat di bedakan atas evaluasi diagnostik, selektif, penempatn,formatif,dan sumatif. Bila di tinjau dar sasar4anya,evaluasi pembelajaran dapat di bedakan atas evaluaso konteks,input,proses,hasil dan outcom.Proses evaluasi di lakukan melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaa,pelaksanaan,pengolahan hasil dan pelaporan.

2.      Pengertian Evaluasi Pembelajaran
Sesuai pendapat Grondlund dan Linn(1990) mengatakan bahwa evaluasi pembelajaran adalah suaty proses mengumpulkan,menganalisis dan menginterprestasikan informasi secara sistematis untuk menetapkan sejauh mana ketercpaian tujuan pembelajaran.Sesungguhnya,dalam konteks penlaian ada beberapa istilah yang di gunakan,yakni pengukuran,assessment dan evaluasi.Pengukuran atu easurement merupakan suat proses atau kegiatan untuk menentukan kuantitas suatu yang bersifat numerik.Pengukuran lebih bersifat kuantitatif,bahkan merupakan instrment untuk melaukan penilaian. Unsur pokok dalam kegiatan pengukuran ini antara lain adalah sebagai berikut:
1.Tujuan pengukuran,
1.      Ada obyek ukur,
2.      Alat ukur
3.      Proses penguran
4.      Hasil pengukuran kuantitatif.
Sementara pengertian asesmen (assessment) adalah kegiatan mengukut dan mengadakan estimasi terhadap hasil pengukutan atau membanding-bandingkan dan tidak sampai ketaraf pengamblan keputusan.Sedangkan evaluasi secara etimologi berasal dari bahasa inggris.
Evaluasi yang berarti value yang secara harfiah dapat di artikan sebagai penilaian. Namun dari sisi etimologis ada beberapa definisi yang dapat di kemukakan,yakni:
·         Suatu proses sistematik untuk mengetahui tingkat keberhasilan sesuatu.
·         Kegiatan untuk menulai sesuatu cara terencana,sistemayik dan terarah berdasarkan tujuan yang jelas.
·         Proses penentuan nilai berdasarkan data kuantitatif hasil pengukuran untuk keperluan pengambilan keputusan.
Evaluasi merupakan sala satu kegitan utama yang harus di lakukan oleh seorang guru dalam kegiatan pembelajaran. Dengan penilaian,guru akan mengetahui perkembagan hasil belajar,intelegasi,bakat khusus,minat,hubungan sosial,sikap dan kepribadian siswa atau peserta didik. Adapun langkah-langkah pokok dalam penilaian secara umum terdiri dari:
·         Perencan
·         Pengumpulan data
·         Verifikasi
·         Analisis data
·         Interprestasi data
Davies mengemukakan bahwa evaluasi merupakan proses untuk memberikan atau menetapkan nilai kepada sejumlah tujuan,kegiatan,keputusan,unjuk kerja,proses,orang,maupun objek (Davies,1981:3).Menurut Waned dan Brown, evaluasi merupakan suatu proses untuk menentukan nilai dari suatu (dalam Nurkanca,1986:1).

3.      Fungsi Evaluasi

Fungsi utama evaluasi adalah menelaah suatu objek atau keadaan untuk menetapkan informasi yang tepat sebagai dasr untk pengambilan keputusan. Ada beberapa fungsi evaluasi yaitu:
·      Fungsi evaluasi pembelajaran bagi guru adalah mengungkapkan kelemahan proses kegiatan mengajar meliputi bobt,materi yang di sajikan,metode yang di terapkan,media yang di gunakan,dan strategi yang di lakukan.
·      Fungsi evaluasi bagi siswa yaitu mengungkapkan penguasa materi pembelajaran.
·      Mengungkapkan kemajuan individual maupun kelompok dalam mempelajari IPS dalam konteks pelaksanaan pendidikan,evaluasi memiliki beberapa tujuan,antara lain:
a.   Untuk mengetahui kemajuan belajar siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dalam jangka waktu retentu.
b.      Untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran.
c.       Untuk mengetahui kedudukan siswa dalam kelompoknya.
d.  Untuk memperoleh masukan atau umpan balik bagi guru dan siswa dalam rangkan perbaikan.
Selain fungsi di atas,peniaian juga dapat berfungsi sebagai alat seleksi,penempatan dan diagnostik,guna mengetahui keberhasilan suatu proses dan hasil pembelajaran.Penjelasan dari setiap fungsi tersebut adalah:
·      Fungsi seleksi.Evaluasi berfungsi atau di laksanakan untuk keperluan seleksi yaitu menyeleksi calon peserta suatu lembaga pendidikan/kursus berdasarkan kriteria tertentu.
·      Fungsi penempatan.Evaluasi berfungsi atau di laksanakan untuk keperluan penempatan agar setiap orang (peserta didik) mengikuti pendididkan pada jenis dan/atau jenjang pendidikan yang sesuai dengan bakat dan kemampuannya masing-masing.
·      Fungsi diagnostik.Evaluasi diagnostik berfungsi atau dilaksanakan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar yang di alami peserta didik,menentukan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesulitan belajar,dan menetapkan cara mengatasi kesulitan belajar tersebut.

4.      Asas Evaluasi  

Asas komprehensif:evaluasi harus meliputi keseluruhan pribadi siswa yang di evaluasi (kognitif,afektif,psikomotor).
Asas kontiuitas:evaluasi wajib di laksanakan secara kesenambungan mulai dari pra-saat proses –dan pasca pembelajaran
Asas objektif:evaluasi seharusnya menilai dan mengukur atau/non subjektif hendaknya guru IPS setiap merencang tes sebaiknya sesuai dengsn asas-asas di atas.

5.      Macam-Macam Evaluasi
a.       Evaluasi pembelajaran IPS
b.      Evaluasi merupakan penilaian program,proses,dan hasil pendidikan.
c.       Evaluasi dapat di artikan sebagai suatu pengukuran
d.      Evaluasi dapat bersifat kualitatif dan juga bersifat kuantitatif
e.       Evaluasi kualitatif hasilny berupa peringkat sangat baik,baik,sedang, kurang dan sangat kurang.
f.       Evaluasi kuantitatif hasilnya berupa berupa angka-angka hasil pengukuran.

6.      Jenis-jenis evaluasi pembelajaran:
  1. Jenis evaluasi berdasarkan tujuan di berikan atas lima jenis evaluasi:
·         Evaluasi diagnostik adalah evaluasi yang di tujukan untuk menelaan kelemahan-kelemahan siswa  beserta faktor-faktor penyebabanya
·         Evaluasi selektif adalah evaluasi yang di gunakan untuk memilih siswa yang paling tepat sesuai dengan kriteria program kegiatan tertentu.
·         Evaluasi penempatan adalah evaluasi yang di gunakan untuk menempatkan siswa dalam program pendidikan tertentu yang sesuai dengan karakteristik siswa.
·         Evaluasi formatif adalah evaluasi yang di laksanakan untuk memeperbaiki dan meningkatkan proses belajar dan mengajar.
·         Evaluasi sumatif adalah evaluasi yang di lakukan untuk menentukan hasiledan kemajuan bekerja siswa.

  1. Jenis evaluasi berdasarkan sasaran.
·         Evaluasi konteks.
Evalua yang di tujukan untuk mengukur konteks program baik mengenai rasional tujuan,latar belakang program, maupun kebutuhan-kebutukan yang muncul dalam perencanaan.
·         Evaluasi input.
Evaluasi yang di arahkan untuk mengetahui input baik sumber daya maupun strategi yang di gunakan untuk mencapai tujuan.
·         Evaluasi proses.
Evaluasi yang di tujukan untuk melihat proses pelaksanaa, baik mengenai kelencaran proses,kesesuaian dengan rencana,faktor pendukung dan faktor hambatan yang muncul dalam proses pelaksanaan dan sejenisnya.
·         Evaluasi hasil atau produk.
Evaluasi yang di arahkan untuk melihat hasil program yang di capai sebagai dasr untuk menentukan keputusan akhir,di perbaiki,di modifikasi,di tingkatkan atu di hentikan
·         Evaluasi outcom atau lulusan.
Evaluasi yang di arahkan untuk melihat hasil belajar siswa lebih lanjut,yakni,evaluasi lulusan setelah terjumn le masyarakat.

  1. . Jenis-jenis evaluasi berdasrkan lingkup kegiatan pembelajaran:
·         Evaluasi program pembelajaran.
Evaluasi yang mencakup terhadp tujuan pembelajaran, isi program pembelajaran.strategi belajar mengajar,aspek-aspek program pembelajaran yang lain.
·         Evaluasi proses pembelajaran
Evaluasi yang mencakup kesesuaian antara proses pembelajaran dengan garis-garis besar program pembelajaran yang di tetapkan,kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, kemampuan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
·         Evaluasi hasil pembelajaran.
Evaluasi hasil belajar tingkat pemaksaan siswa terhadap tujuan pembelajaran yang di tetapkan,baik umum maupun khusus, di tinjau dalam aspek kognitif,efektif,psikomotorik.

  1. Jenis evaluasi.berdasarkan objek dan subje evaluasi.
Berdasarkan objek:
·         Evaluasi input.
Evaluasi terhadap siswa mencakup kemampuan kepribadian,sikap,keyakinan.
·         Evaluasi transformasi.
Evaluasi terhadap unsur-unsur transformasi proses pembelajaran antara lain:materi,media,motode dan lain-lain.
·         Evaluasi output.
Evaluasi terhadap lulusan yang mengacu  pada ketercapaian hasil pembelajaran.

Berdasarkan subyek:
·         Evaluasi internal.
Evaluasi yang di lakukan oleh orang dalam sekiolah sebagai evaluator,miaslnya guru.
·         Evaluasi eksternal.
Evaluasi yang di lakukan oleh orang luar sekolah sebagai evaluator,misalnya orang tua dan masyarakat.

0 komentar :

Posting Komentar

Berita di BEM STKIP Hamzanwadi Selong

Berita dan Fakta Ilmiah Harian

 
HMPS Pendidikan Biologi STKIP Hamzanwadi Selong | © 2010 by derajad | Supported by duaderajad & Free Themes